Thursday, February 17, 2011

Tugas Ilmu Budaya Dasar Minggu Pertama

Nama :  Syarief  Yusuf Ibrahim
NPM   :  56410783
Kelas :  1IA09

BAB I
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

1) Hakekat Manusia

      Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, Mengapa ? Karena Manusia melebihi makhluk yang lain yang memiliki akal pikiran dan hawa nafsu. Manusia juga merupakan individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial. Pada hakekatnya manusia sangat berpengaruh oleh lingkungan turutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial. Manusia dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.(sumber dari : http://pakguruonline.pendidikan.net )

2) Kepribadian Bangsa Timur

       Manusia tinggal di Bumi ini bukan hanya mendiami satu tempat saja tetapi berada di wilayah belahan bumi yang berbeda-beda.Diantaranya yaitu wilayah bagian Timur ,Timur Tengah dan Barat. Wilayah itu juga tidak lekang akan adat istiadat,kepribadian bangsa dan kebudayaan yang berbeda.
       Kepribadian bangsa merupakan rasa kebersamaan yang kuat atas sesama manusia di wilayah tempat ia tinggal bersama.Setiap bangsa memiliki sistem ideologi yang berfungsi sebagai pengarah dan pengatur agar manusia sesuai dengan kepribadian yang ramah ,santun dan tidak mencoreng kepribadian bangsanya sendiri. Kita di Indonesia merupakan bangsa Timur yang dikenal sebagai wilayah yang memiliki kepribadian bangsa baik , ramah dan santun. Pada umumnya bangsa bagian timur contohnya Indonesia sangat terbuka dan toleran terhadap bangsa lain,tetapi selama masih sesuai dengan norma dan etika yang ada di Indonesia.



3) Bagan Psiko-Sosiogram


Berikut ini merupakan Bagan Psiko-Sosiogram ,diantaranya sebagai berikut :
0. Dunia Luar
1. Lingkungan hubungan jauh
2. Lingkungan hubungan berguna
3. Lingkungan hubungan karib
4. Kesadaran yang dinyatakan
5. Kesadaran yang tak dinyatakan
6. Subsadar
7. Taksadar

 Berikut adalah penjelasannya :


No.0 adalah lingkungan luar maksudnya yaitu pikiran-pikiran dan opini manusia tentang dunia luar yang belum pernah ia jumpai karena manusia itu sendiri pada awalnya berada didaerah dia berasal. Contohnya saja apabila kita pergi ke luar Indonesia kita akan berfikir bahwa dunia luar itu tentunya sangat berbeda dengan daerah tempat kita berasal dalam segi lingkungan , kepribadian dan bahkan dari sistem ideologinya pun berbeda dan juga banyak aspek lainnya yang membedakan dunia luar dengan daerah asal kita.


No.1 adalah Lingkungan hubungan jauh yaitu pikiran atau gagasan manusia tentang berbagai macam hal. Misalnya manusia sudah membuat planning yang matang dan memikirkan keputusan untuk kedepannya.Keputusan itu pun sudah dipertimbangkan oleh otak dan siap menghadapi berbagai macam hal dikemudian hari.


No.2  adalah Lingkungan hubungan berguna yang maksudnya menurut istilah adalah simbiosis matualisme yang berarti hubungan yang saling menguntungkan. Contohnya saja seperti dikehidupan kita sehari-hari seperti  pedagang dan pembeli , guru dengan murid dan banyak aspek lain yang juga dapat disebut dengan hubungan timbal balik.


No.3 adalah Lingkungan hubungan karib maksudnya adalah hubungan manusia dengan seseorang yang sudah menjadi tempat curahan hati dan juga sebagai sahabat yang dapat membantu saat manusia itu sedang membutuhkan pertolongan.Dalam lingkaran ini bukan hanya manusia saja yang dapat menjalin hubungan karib melainkan benda dan makhluk hidup lainnya.


No.4 adalah Kesadaran yang dinyatakan maksudnya adalah pikiran-pikiran atau pengetahuan manusia yang dinyatakan kepada manusia lainnya. Bukan hanya pengetahuan saja tetapi meliputi perasaan dan sebagainya.Contohnya saja manusia memiliki pengetahuan yang lebih lalu manusia itu menulisnya di buku dan buku itu bisa disebar luaskan agar menambah pengetahuan banyak orang.


No.5 adalah Kesadaran yang tak dinyatakan ini merupakan sifat yang berkebalikan dari no.4 manusia itu mendapat pengetahuan atau pikiran-pikiran yang bersifat privat yang maksudnya hanya manusia itu sendiri yang cukup tau dan bersifat tidak dipublikasikan.


No.6 Subsadar maksudnya ingatan manusia yang mengingat tragedi yang sulit untuk dilupakan misalnya saja tragedi bencana besar. Sebenarnya manusia dapat saja melupakan tragedi tersebut tetapi mereka merasa sangat sulit untuk dilupakan karena pada saat itu mereka dalam keadaan sadar.


No.7 Taksadar dilingkaran ini merupakan pikiran-pikiran manusia di alam bawah sadar manusia, maksudnya kejadian yang terjadi dalam mimpi manusia. Terkadang dunia mimpi bisa timbul tanpa disadari oleh manusia itu sendiri bahkan hal itu tidak dapat disadari oleh otak manusia.

4) Definisi Kebudayaan


           Definisi kebudayaan itu sangat banyak sekali menurut para ahli. Tetapi secara garis besarnya kebudayaan itu adalah Hasil pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial untuk memahami dan mengintrepretasikan lingkungan dan pengalamannya. Tetapi kebudayaan tidak mencakup itu saja yakni meliputi moral, hukum dan adat istiadat pada setiap anggota masyarakat. Manusia sebagai makhluk sosial dari waktu-kewaktu akan mengembangkan kebudayaan dan juga semakin kuat kebudayaannya semakin berkualitas pula sumber daya manusianya. Kebudayaan setiap daerah itu berbeda-beda dari situlah kita dapat memahami apa ciri khas setiap bangsa dari kebudayaannya. Setiap bangsa wajib melindungi kebudayaan sebab kebudayaan mereka itu sangat penting sekali dan sangat tidak etis sekali untuk dirampas. Walau bagaimanapun kebudayaan setiap bangsa itu telah ada sejak jaman nenek moyangnya terdahulu dan itu bukan waktu yang sebentar untuk berjuang mempertahankannya demi anak cucunya dimasa yang akan datang.

5) 7 Unsur Kebudayan Universal

            Dari pendapat para ahli, khususnya dibidang Antropologi kebudayaan universal terdiri dari 7 unsur, yakni :

1. Sistem Realigi
2. Sistem Pengetahuan
3. Organisasi Sosial
4. Sistem Peralatan hidup dan Teknologi
5. Sistem Mata Pencaharian
6. Bahasa
7. Kesenian



    
     Perlu kita ketahui dari ketujuh unsur diatas didasarkan pada mudah atau sulitnya suatu unsur kebudayaan untuk mengalami perubahan. Dari urutan paling atas merupakan suatu unsur yang sangat sulit berubah sedangkan urutan yang terakhir merupakan unsur yang palling mudah berubah. Mengapa disebut universal, karena kebudaayan tersebut sudah terikat pada makhluk sosial seperti manusia yang hidup di bumi ini dan dari ketujuh unsur itu juga sudah dapat ditemukan pada semua bangsa di dunia.

 6)  3 Wujud kebudayaan menurut dimensi wujudnya 

           Wujud kebudayaan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Gagasan ( Wujud ideal )
        
            Yang dimaksud gagasan (wujud ideal) itu adalah kebudayaan yang berisi/berwujud tentang pikiran dan gagasan yang bersifat abstrak. Mengapa bersifat abstratk, karena wujud kebudaayaan ini tidak dapat dilihat dan disentuh oleh manusia. Biasanya wujud ini terdapat dalam kepala dan pemikiran manusia.



2. Aktivitas ( Tindakan )

          Maksudnya adalah suatu wujud dari kebudayaan yang melibatkan suatu tindakan atau aktivitas dari pola kehidupan manusia itu sendiri. Wujud ini juga bersifat kongkret dan melibatkan interaksi manusia terhadap manusia lainnya tetapi selama masih berdasarkan adat dan tata kelakuan yang berlaku.

             
3. Artefak ( Karya )

          Wujud ini merupakan hasil dari karya manusia yang dapat dirasakan,dilihat dan juga bersifat paling kongkret diantara kedua wujud kebudayaan lainnya. Hasil karyanya ini bisa berupa benda , aktivitas atau juga hal-hal yang dapat didokumentasikan. Hasil karya manusia dapat dikatakan istimewa apabila karyanya itu sangat original dan tidak banyak orang yang dapat membuatnya.





            Dari penjelasan-penjelasan diatas mengenai manusia dan kebudayaan, Saya  mendapat banyak pembelajaran dari bab ini. Sebab bukan hanya saya saja tetapi kita semua juga mengetahui betapa berharganya kebudayaan itu bagi kehidupan kita sebagai manusia. Kebudaayaan dan manusia itu tentunya sudah sangat melekat sekali dari jaman nenek moyang terdahulu dan juga telah dikembangkan dari generasi kegenerasi. Kita patut bersyukur sebagai manusia dianugrahi kebudayaan oleh Tuhan,karena apabila tidak ada kebudayaan manusia tidak dapat hidup sebagaimana mestinya. Dari kebudayaan itu berisi adat istiadat suatu bangsa yang dapt mengatur kehidupan manusia agar tindakan manusia tidak menyimpang.
             Banyak teori mengatakan tentang pengertian kebudayaan tetapi secara garis besarnya semua teori itu sepemikiran dan juga berintikan sama. Pada hakekatnya manusia hidup di bumi ini untuk bertahan hidup menjalani kehidupan sebagai mana yang telah diterapkan pada sistem ideologi dan juga sistem realigi agar manusia itu mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik. Tuhan menciptakan manusia agar manusia itu menjadi seorang khalifah yakni menjadi seorang pemimpin bagi makhluk lainnya dan memanfaat segala yang ada di bumi ini tanpa merusaknya. Dengan demikian kebudayaan dan manusia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terisahkan, bahkan sampai manusia itu hidup hingga diakhir jaman.

             










         









No comments:

Post a Comment