Tuesday, March 1, 2011

Tugas Ilmu Budaya Dasar Minggu ke-2

Nama : Syarief Yusuf Ibrahim
NPM : 56410783
Kelas : 1IA09

BAB 2
MANUSIA DAN CINTA KASIH

1) Cinta dan Kasih


        Cinta adalah sebuah perasaan yang ada didalam diri manusia untuk membagi bersama terhadap seseorang atau objek yang dicintaiya itu. Objeknya itu bisa berupa benda , kebiasaan dan juga pastinya manusia lain.Definisi lain dari cinta yaitu satu perkataan yang mengandung makna perasaan yang sangat rumit. Perkataan dapat berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan didalam keadaan, kududukan dan generasi masyarakat yang berbeda.Cinta itu bisa datang kapan saja kepada setiap manusia. Memang persepsi tentang makna cinta itu sangat banyak sekali. Cinta bisa diibaratkan sebagai penghias dalam hidup kita dan juga sebagai pacuan untuk hidup kita. Berbeda dengan makna kasih, Kasih sendiri merupakan perasaan cinta atau sayang kepada objek yang ia sayangi sehingga seseoarang yang memiliki perasaan ini senantiasa menjaga, melindungi dan menaruh belas kasih terhadap yang ia sayangi atau cintai.Jadi, pengertian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan cinta pada diri manusia yang dituangkan melalui tindakan,ungkapan maupun segala sesuatu yang dapat membuat objek yang sayangi atau cintai itu merasa sehati dan saling menyayangi.



2) 3 Unsur Tentang Cinta

1. Keterikatan
       Keterikatan merupakan perasaan yang hanya ditujukan untuk satu objek atau seseorang saja. Segala sesuatunya diprioritasan untuk dia dan hanya dia.Saking keterikatan itu dia merelakan apa saja yang dia miliki asalkan mendapatkan kasih sayang objek atau seseorang itu.

 2.Keintiman
      Tingkah laku seseorang yang sudah melekat atau saling menyayangi (mencintai ) terhadap objek atau seseorang yang ia cintai, sehingga tidak ada batasan diantara mereka. Karena telah terikat segala sesuatunya telah terjalin bersama dan menjadi sebuah hal yang sangat erat yang sifatnya intim contohnya saja dari hal memanggil nama dan tindakan yang sangat intim.

3.Kemesraan
       Unsur ini pointnya hampir sama dengan keintiman tetapi kemesraan sendiri ini adalah suatu tindakan yang terlihat sangat manis dan juga memliki rasa saling memiliki. adanya saling memiliki ini dapat berupa rasa ingin membelai apabila disaat dekat, dan rasa rindu apabila disaat jarak memisahkan mereka. Juga memperlihatkan ungkapan-ungkapan rasa sayang seterusnya.

3) 3 Tingkatan Cinta

 * Cinta Natural
          Cinta natural merupakan cinta yang bersifat subjektif. Maksudnya cinta yang timbul karena kita dapat mencintai seseorang karena dia telah menolong kita. Dan juga cinta itu datang secara alami disaat yang tak terduga.Cinta ini juga merupakan rasa timbal balik diantara kedua pasangan.





    * Cinta Supranatural

         Cinta ini bersifat objektif, yang berarti cinta ini tulus dan tanpa paksaan.Tidak ada rasa timbal balik dan juga bersifat murni walaupun masih ada sedikit sifat subjektif.Tingkatan ini menjelaskan pada kita tentang makna "THE POWER OF LOVE". Kekuatan cinta ini dapat membawa pasangan kedalam kehidupan yang begitu indah tanpa ada saling rasa berat sebelah. Pada tingkatan ini juga seseorang bisa saja merelakan apa saja demi sang kekasih bahagia dan tidak mengharapkan timbal balik maupun imbalan.

    * Cinta Ilahi

          Ditingkat ini merupakan kesempurnaan cinta dan tingkatan paling tertinggi diantara tingkatan lain. Mengapa ? Karena segala sesuatu yang kita miliki itu sangat tidak penting lagi dibandingkan objek yang kita cintai. Ditingkatan ini kita merasa bahwa segala hal yang kita miliki adalah milik objek yang kita cintai. Biasanya cinta ini terjadi terhadap manusia dengan sang penciptanya yaitu Tuhan Yang Maha Esa.



    4. Berbagai Bentuk Cinta

    * Menyukai (Liking)
              Bentuk cinta ini dapat juga disebut dengan jalinan pertemenan (friendship). Walaupun rasa ini rasa sayang kita terhadap seseorang tapi hanya sebatas teman saja tidak untuk komitmen berjangka panjang dan juga kemesraan yang biasanya dilakukan oleh pasangan yang saling mencintai.Tidak ada rasa nafsu akan kemesraan ditingkatan ini hanya sebatas menyukai sebagai sahabat.

    * Tergila-gila atau Pengidolaan
           Dibentuk cinta ini ada pengecualian yaitu rasa sayang seseorang yang tidak diungkapkan secara langsung dan hanya dipendam dihati saja. Rasa cinta ini juga sangat mudah berlalu dan juga tentunya tidak ada elemen intim dan saling berkomitmen.

    * Cinta Hampa

           Cinta hampa merupakan cinta yang tidak ada sama sekali dihati seseorang.Walaupun sudah saling berkomitmen atau berhubungan tapi tidak ada rasa keintiman dan kemesraan yang ada hanya kekosongan belaka.

    * Cinta Sempurna
          Cinta sempurna adalah bentuk yang paling lengkap dari cinta. Bentuk cinta ini merupakan jenis hubungan yang paling ideal, banyak orang berjuang untuk mendapatkan, tetapi hanya sedikit yang bisa memperolehnya. Sternberg mengingatkan bahwa memelihara dan mempertahankan cinta jenis ini jauh lebih sulit daripada ketika meraihnya. Sternberg menekankan pentingnya menerjemahkan elemen-elemen cinta ke dalam tindakan (action). “Tanpa ekspresi, bahkan cinta yang paling besar pun bisa mati” kata Sternberg.
      * Cinta Romantis
             Cinta yang terlihat sangat manis apabila dilihat dari segi kemesraan dan keintiman.Kedua pasangan yang memiliki cinta ini terlihat sangat cocok untuk menjalin sebuah hubungan asmara.


      5. Kasih Sayang

             Kasih sayang merupakan suatu ungkapan perasaan kita curahkan kepada seseorang yang sangat kita sayangi. Perasaan ini sangat comfort dan juga membuat kedua pasangan atau objek menjadi sesuatu yang sulit terpisahkan. Setiap manusia pasti dianugrahi rasa kasih sayangnya oleh Tuhan. Contohnya saja kasih sayang orang tua kita terhadap anaknya yang selalu menyayangi , merawat bahkan rela mempertaruhkan nyawanya sendiri demi anaknya itu bahagia dan membuat sang orang orang tua bangga atas jerih payahnya.


      6) Kemesraan

                 Kemesraan merupakan salah satu unsur dari cinta. Sebelumnya saya telah menjelaskan apa itu makna dari kemesraan dari point sebelumnya. Kemesraan itu sendiri mungkin apabila diibaratkan oleh kata-kata tidak akan ada habisnya. Garis besarnya kemesraan itu akan terlihat indah apabila objek atau kedua pasangan benar-benar sangat cocok dan saling menyayangi .

      Di point ini saya akan menjelaskan beberapa tingkatan dari kemesraan, Diantaranya :
      • Kemesraan dalam tingkat remaja yakni kemesraan yang terjadi pada pasangan remaja yang baru saja mengalami masa pubertas yang menyebabkan dorongan seksualitas yang kuat.   
      • Kemesraan dalam tingkat rumah tangga yaitu kemesraan yang ditunjukan kepada pasangan suami istri, apalagi disaat tahun awal perkawinan, gejolak seksualitas yang sangat matang dan sangat dominan untuk hidup bersama hingga lanjut usia.
      • Kemesraan dalam tingkat lanjut usia merupakan kemesraan tingkat akhir yang biasanya hanya pasangan lanjut usia. dan berbeda disaat mereka muda gejolak seksualitnya pun semakin berkurang .
        
      7) Pemujaan 


            Pemujaan adalah Perasaan alami manusia yang mengagungkan suatu objek dari dia hidup hingga akhir hayat. Biasanya pemujaan dilakukan dalam berbagai aspek seperti memuja kepada leluhur dan juga kepercayaan atau agama. Pemujaan itu telah ada dari jaman manusia itu diciptakan. Manusia berfikir oleh siapakah dirinya ini diciptakan lalu terbentuklah rasa kepercayaan akan leluhurnya. Rasa ini sangat murni dan tulus dari lubuk hatinya paling dalam. Manusia sangat menghormati leluhurnya apalagi terhadap Tuhannya.




      8) Belas kasih

              Belas kasih (composian)adalah kebajikan -satu di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian .
      Ada aspek belas kasih yang menganggap dimensi kuantitatif, seperti individu belas kasih yang sering diberi milik  kedalaman,kekuatan atau gairah . Lebih kuat dari empati , merasakan umumnya menimbulkan aktif keinginan untuk meringankan penderitaan orang lain.. Hal ini sering, meskipun tidak pasti, komponen kunci dalam apa yang memanifestasikan dalam konteks sosial .Dalam etika istilah, berbagai ungkapan bawah usia yang disebut Golden Rule mewujudkan oleh implikasi prinsip kasih sayang: untuk orang lain apa yang Anda ingin mereka lakukan untuk Anda..( sumberhttp://tifany-tifa.blogspot.com )




             Menurut saya dari materi minggu kedua ini saya dapat banyak pelajaran mengenai rasa cinta dan kasih sayang. Kita juga dapat mengetahui apa saja perbedaan makna cinta dari segi bentuk maupun tingkatan cinta. Kita sebagai manusia dianugrahi rasa cinta dan kasih sayang oleh tuhan  agar kita saling membagi saling menyayangi terhadap orang-orang yang ada disekitar kita. Karena cinta kedamaian pun akan terwujud di bumi ini. Kalau kata pepatah mengatakan apabila kita hidup tanpa cinta bagaikan sayur tanpa garam.
           Cinta itu bisa kita rasakan tidak hanya kepada satu objek tetapi bisa kepada kebiasaan sehari-hari kita seperti hoby maupun makhluk lain, tetapi dalam artian cinta ini tidak semurni cinta kita terhadap seseorang atau sesama manusia. Bisa saja hidup kita tidak bergairah atau tidak ada lagi semangat hidup tanpa adanya cinta. Terkadang cinta itu menyakitkan disaat kita sedang berbunga-bunga disaat cinta itu datang dan juga tentunya sangat menyakitkan dikala cinta itu pergi meninggalkan kita. Tuhan menciptakan manusia dengan berbagai macam sifat dan juga dengan berbagai ciri khas watak yang berbeda. Hanya saja manusia tinggal menerima segala sesuatu yang diberikan Tuhan kepada kita. Demikian halnya juga dengan cinta dibumi ini terdapat berbagai story cinta yang berbeda dari segi hal yang pada awalnya menyakitkan hingga berakhir dengan kebahagiaan. Apabila kita berbicara tentang cinta mungkin tidak ada habisnya, maka biarkanlah cinta itu datang dengan sendirinya dan tanpa kita sadari cinta itu datang dan membuat kita merasakan betapa berharganya hidup didunia ini dengan CINTA.

      No comments:

      Post a Comment