Wednesday, March 14, 2012

Social Networking "MySpace"

        Mungkin kita sering mendengar situs jejaring sosial yang satu ini. yang berisikan tentang akun komunitas yang lebih cenderung atau dominan ke arah bidang musik. Ya , MySpace. Jejaring sosial ini sangat diminati oleh kalangan remaja maupun dewasa. Sebenarnya dari mana sih asal mulanya situs MySpace itu dibuat dan seluk beluk yang terdapat pada jejaring sosial ini? berikut adalah kilasan dari situs MySpace.

Sejarah MySpace

        MySpace dahulu merupakan salah satu website yang paling populer di Amerika Serikat pada tahun 2006 sebelum datangnya Facebook. Kantornya pusatnya itu berada di Baverly Hills, California, Amerika Serikat. Myspace memperkerjakan 1.000 karyawan pada bulan Juni tahun 2009.Ide awal MySpace sebenarnya berawal dari peluncuran Frienster pada tahun 2002. Ketika itu, karyawan dari eUniverse tertarik dan melihat potensi besar dari jejaring sosial ini, sehingga meniru fitur yang lebih populer dari Friendster. Lalu siapa sih otak dibalik jejaring sosial fenomenal di Amerika Serikat ini ? Jawabannya adalah Christopher DeWolfe (CEO Myspace), Josh Beremen , Thomas Anderson (Presiden MySpace) sebagai pengelola dan diawasi langsung oleh Brad Greenspan (selaku pendiri, ketua dan CEO eUnivers.Tidak hanya itu mereka juga dibantu oleh beberapa programmer serta  sumber daya lain dari eUniverse.MySpace sendiri dirilis pada bulan Agustus 2003.

Konsep Myspace

Konsep awal Myspace yaitu bertujuan sebagai hiburan terkemuka sosial didukung oleh nafsu penggemar. Ditujukan untuk khalayak remaja maupun dewasa, Myspace mendorong interaksi sosial dengan memberikan pengalaman yang sangat personal sekitar hiburan dan menghubungkan orang-orang dengan musik, selebriti, TV, film, dan permainan yang mereka cintai Pengalaman-pengalaman hiburan yang tersedia melalui berbagai platform, termasuk online, perangkat mobile, dan acara offline.

Myspace juga merupakan rumah dari Musik Myspace, yang menawarkan sebuah katalog yang terus tumbuh dari audio bebas streming dan konten video untuk pengguna dan menyediakan seniman besar, independen, dan unsigned sama dengan alat untuk menjangkau audiens baru. Tidak hanya itu, terdapat beberapa fitur yang menarik didalam situs ini yang disediakan untuk peminatnya. Berikut merupakan fitur-fitur yang ada didalam MySpace :


1. Moods

Moods adalah  emotikon kecil yang digunakan untuk menggambarkan suasana hati pengguna MySpace. Fitur ini telah ditambahkan pada MySpace bulan Juli 2007. Pada tahun 2010, fitur moods ini tidak disertakan secara default dalam update status, tapi bisa digunakan di homepage sebagai update yang terpisah.

2. Blurbs, blog, multimedia

Profil dalam MySpace berisi dua standar "blurbs", yaitu bagian "About Me" dan "Who I'd Like to Meet”. Profil juga berisi blog dengan aspek standar untuk isi, emosi, dan media. Disini juga terdapat foto editor

3. Komentar

Di bawah daftar teman pengguna MySpace terdapat lahan untuk bagian komentar, dimana teman-teman pengguna dapat meninggalkan komentar yang bisa dibaca oleh siapapun yang membuka profil pengguna tersebut.

4. Profil kustomisasi (HTML / CSS)

MySpace memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan halaman profil pengguna dengan memasukkan HTML (tetapi tidak JavaScript) ke bagian-bagian seperti "About Me", "I'd Like to Meet", dan "Interests".disini pengguna dapat mengekspresikan kustomisasi profilnya sesuai yang dikehendeki.

5. Musik

Profil MySpace untuk musisi pada bagian situs web MySpace Music berbeda dari profil normal, profil ini memungkinkan seniman untuk mengunggah seluruh diskografi  mereka yang terdiri dari lagu-lagu dengan format MP3.Syaratnya sang pengunggah harus memiliki izin untuk mengunggah dan lagu tersebut harus hasil karya asli buatan sendiri.

MySpace juga mempunyai label rekaman sendiri, maka tak heran apabila di jejaring sosial ini terdapat orang-orang berbakat dibidang musik.Tercatat sekita delapan juta seniman yang ditemukan  oleh  MySpace.

Teknologi yang digunakan MySpace

Teknologi yang digunakan oleh MySpace yaitu seperti halnya blog fitur-fitur yang terdapat didalam MySpace itu lebih cenderung dengan HTML dan CSS. Tetapi karena situs ini lebih menonjolkan ke bagian musik , jadi MySpace juga  menggunakan perpaduan format audio dari microphone, gambar dari web-cam dan koneksi internet. Tidak hanya itu MySpace juga menyediakan media foto editor yaitu Foto Flexer seperti cropping, resizing, flipping, red eye removal, color effects dan fitur-fitur lainya.

Sumber  :
http://id.wikipedia.org/wiki/Myspace
http://www.anneahira.com/sejarah-myspace.html

No comments:

Post a Comment